Jumat, 18 Maret 2011

Hidup Sederhana Menurut Islam



Assamalmu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Hai… para muslimin yang beriman, terkadang dalam kehidupan ini, kita sering berhura – hura untuk hal yang kuarang penting termasuk berlebih – lebihan dan membuang – buang rizki, atau bersikap hedonisme, padahal telah dikatakan dalam islam, bahwa perilaku ini merupakan merupakan perilaku tercela yang disebut israf dan tabzir. Jadi, pertanyaannya adalah……… Bagaimana cara kita untuk bersiakap hemat atau hidup sederhana menurut islam? Dengan artikel ini mudah – mudahan kita dapat secara perlahan mengubah sikap tercela tersebut. Amin….



Artinya: Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.
(Al- Furqon:67)
            Kepala Negara dalam berbagai kesempatan sering menegaskan serta meminta kepada orang –orang kaya untuk dapat memaksa diri untuk tidak berlebih – lebihan mengkonsumsi kekayaan. Dengan kata lain , penegasan Presiden itu dapat diartikan orang kaya jang terlalu menyolok memamerkan kekayaannya , hendaknya hidup secara wajar dan sederhana.
            Penegasan Kepala Negara tersebut adalah merupakan hal yang wajar dan memang harus demikian, sebab suatu kenyataan bahwa disamping telah banyak orang yang dapat mengenyam hasil pembangunan dengan mendapatkan kekayaan tetapi disisi lain dalam kehiduapan masyarakat masih sangat banyak yang hidupnya prhatin dan masih perlu dorongan dan uluran tangan dari orang – oaring yang mampu agar hidupnya lebih maju.
            Apabila dibiarkan orang yang mampu untuk memamerkan kekayaannya sedangkan di satu sisi masih ada yang hidup memprihatinkan tidak mustahil akan timbul kecemburuan social yang pada akhirnya akan timbul keresahan social. Apabila timbul keresahan social maka jelas akan mengganggu stabilitas nasional akhirnya mengganggu pula jalannya pembangunan.
            Sehubungan hal tersebut maka sudah pada tempatnya apabila orang yang kaya sempat mengendalikan hidupnya dan hidup bermewah – mewah , berfoya – foya karena hal itu tidak sesuai dengan pola hidup sederhana yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah kita.
            Bagi kita sebagai pemelik agama islam banyak tuntunan yang kita peroleh dari ajaran islam tentang kesederhanaan dalam hidup ini.
            Rasulullah SAW sebagai tauladan dan panutan kita telah banyak meninggalkan contoh – contoh dalam kesederhanaan baik dalam perkataan maupun dalam perbuatan.
            Beliau dalam berbicara senantiasa menggunakan kata – kata yang sederhana , kadang – kadang beliau diam tidak berbicara kecuali hal –hal yang sangat berguna. Seandainya berkata pun beliau selalu berisi kata – kata yang menbawa kesejahteraan orang lain, bukan yang menunjukkan kelebihannya.
            Dalam penggunaan harta kakayaan senantiasa digunakan di jalan Allah.
            Hartanya lebih banyak yang beliau hadiahkan atau disedekahkan untuk orang lain. Beliau seorang Nabi dan Rasul dengan misi untuk merubah sikap manusia dari sikap yang merusak menuju sikap yang membangun. Beliau membawa keselamatan hidup manusia dunia akhirat.
            Kepemimpinan beliau telah diakui seluruh dunia baik muslim maupun non muslim. Salah satu penyebab keberhasilan dalam memimpin umat manusia adalah karena ketauladanan beliau terutama dalam melaksanakan pola hidup sederhana dan kiklasan dalam membawa misinya,
            Beliau tidak takut jatuh martabatnya di depn umay karena kesederhanaannya tetapi justru umat meras segan dan hormat kepada kesederhanaannya.
            Marilah kita amalkan hidup sederhana sampai dengan petunjuk agama kita , melalui tauladan Rasulullah SAW agar kehidupan kita mendapat rahmat Allah SWT yang telah ditulis dalam Al – Qur’an surat Al –Furqon :


Artinya : Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.
(Al – Furqon :63)
            Demikian pula petunjuk Al-Qur’an supaya kita sederhana dalam menggunakan harta yang diberikan Allah dalam surat Al-A’raf : 31:

Artinya : Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid534, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan535. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.
(Al – A’raf- 31)

Sederhana dalam sikap diberikan petunjuk oleh Allah melalui firman-Nya:


Artinya: Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.(18) Dan sederhanalah kamu dalam berjalan1183 dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.(19)
(Lukaman : 18-19)

            Dengan pengalaman hidup sederhana sebagaimana di perintahkan oleh Agama dan telah diberikan tauladan oleh Rasullulah SAW adalah berarti kita telah mengamalkan anjuran Kepala Negara .
            Dengan hidup sederhana insya Allah hidup kita akan menjadi sukses. Sebagaimana pesan para Ulama “ Sederhana adalah pangkal kesuksesan”. Amin….
Dengan adanya artikel ini mudah – mudahan kita dapat menjadikan hidup kita lebih baik dari yang sebelumnya agar kita dapat meraih kesuksesan yang gemilang di dunia maupun di akhirat. Semoga kita menjadi orang – orang yang selalu di beri petunjuk oleh Allah. Amin.

 Wassalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarkatuh.
Sumber : Buletin Renungan Jum’at dengan pemimpin redaksi Kasubdis Bina Rahis (Kolonel Inf.H. E. Munadjar)
      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar